Berita

Apa itu Gluten dan Cara Dietnya

"Mengenal apa itu Gluten, apa pengaruhnya terhadap tubuh, serta bagaimana cara dan kiat-kiat untuk mengurangi konsumsi Gluten."

Pernahkah Moms mendengar istilah “Gluten Free”? Bagi sebagian orang pasti merasa aneh apa sih diet gluten dan apa manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, kita kenali dulu yuk apa itu gluten, dan manfaat apa yang didapat jika kita diet gluten.

Apa itu Gluten?

Gluten adalah protein yang ditemukan pada padi-padian dan serealia, gandum, gandum hitam (rye), jelai (barley), dan triticale. Saat kita mencampur tepung dengan air, protein gluten membentuk jaringan lengket yang memiliki tekstur seperti lem. Zat yang menyerupai lem ini membuat adonan elastis, dan memberikan kemampuan untuk roti mengembang saat dipanggang, serta memberikan tekstur kenyal.

Gluten harus dihindari oleh orang-orang yang alergi/intoleran terhadap gluten, anak berkebutuhan khusus, dan autoimun. Bagi orang normal, gluten juga susah dicerna oleh tubuh kita, sehingga alangkah lebih baik jika kita mulai mengurangi untuk mengonsumsi gluten.

manfaat diet Gluten

Berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari diet gluten:

1. Pencernaan

Jika kamu diet gluten, buang air besar bisa lancar karena tidak memicu peradangan pada usus. Pencernaan kamu bisa terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Zat peptida yang masuk melalui makanan mengandung gluten nyatanya membuat pencernaan kamu bermasalah.

2. Persendian

Pengidap seliaka dan intoleransi gluten umumnya kerap mengalami nyeri sendi, terutama di lutut, punggung, dan pergelangan tangan. Diet bebas gluten akan membantu mencegah jenis nyeri sendi ini.

3. Kulit

Psoriasis, eksim, alopecia areata, ruam, dan gatal-gatal adalah beberapa kondisi yang justru muncul jika penderita celiac tidak menerapkan diet bebas gluten. Maka dari itu, diet gluten dapat membuat kulit bersih, tanpa ruam dan gatel.

4. Perut

Jika kamu mengidap penyakit celiac atau intoleransi gluten, kamu cenderung mengalami gas berlebih dan kembung setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Beralih ke diet gluten, kamu akan melihat perbedaan langsung karena gangguan pencernaan yang kamu alami telah hilang dan perut lebih rata.

Diet gluten tidak hanya dilakukan untuk penderita celiac dan intoleransi gluten, tetapi untuk kita yang sehat pun harus diet gluten demi mencegah penyakit yang timbul akibat gluten. Yuk, tunggu apalagi untuk diet gluten? Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Kiat-kiat Diet Gluten

Prinsip utama dalam menjalani diet gluten adalah tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Untuk itu, Moms perlu tau makanan apa saja yang mengandung gluten dan makanan apa saja yang tidak mengandung gluten atau yang biasa disebut “Gluten Free”.

Makanan apa saja yang tinggi akan gluten?

Makanan yang kaya akan gluten meliputi:

Gandum
Spelt
Gandum hitam
Jelai
Roti
Pasta
Cereal
Bir
Kue, cookies dan pastry
Padi-padian bebas gluten

Kelompok padi-padian yang bebas gluten meliputi:

Jagung
Nasi
Quinoa
Flax
Jawawut
Sorgum
Tapioka
Buckwheat
Arrowroot
Amaranth
oats

Lalu, apa saja makanan bebas gluten?

Ada banyak sumber makanan yang secara alami bebas dari gluten:

Daging
Ikan dan hidangan laut
Telur
Produk susu
Buah-buahan
Sayur-sayuran
Polong-polongan
Kacang-kacangan
Umbi-umbian
Lemak, seperti minyak dan mentega

Diet gluten ini tidak seseram yang dibayangkan kok, karena saat ini juga sudah banyak tersedia alternatif makanan yang bebas gluten, jadi Moms tidak perlu khawatir. Sudah banyak produsen makanan yang menyediakan opsi gluten free di produk-produk mereka, misalnya saja Ladang Lima yang memproduksi Pasta Macaroni berbahan baku Singkong atau Cassava.

Jadi Moms dan keluarga bisa sarapan pasta macaroni tanpa khawatir akan gluten, lho! Gokil. Untuk mendapatkan Pasta Macaroni bebas gluten ini pun cukup mudah, Moms bisa mendapatkannya di Toko Mommymart terdekat atau dapat juga dengan mengklik info produk di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.